Pembuluh Darah

Macam pembuluh darah adalah sebagai berikut.
a. Pembuluh Nadi / arteri
Pembuluh ini merupakan pembuluh yang keluar dari jantung. Pembuluh
ini memiliki 1 buah katup/klep berbentuk bulan sabit yang disebut valvula
semilunaris. Fungsi pembuluh ini adalah untuk menjaga aliran darah tetap
searah. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga.
1). Pembuluh Nadi Besar
Pembuluh nadi besar disebut juga aorta. Pembuluh ini berhubungan langsung dengan bilik kiri, sehingga membawa darah kaya O2 yang akan dibawa ke seluruh tubuh, bagian kepala maupun bagian bawah dari organ tubuh. Pembuluh nadi lain yang berhubungan dengan bilik kanan adalah arteri pulmonales, yaitu mengangkut darah yang kaya CO2 . Pembuluh ini menghubungkan darah menuju organ paru-paru kiri dan kanan. Gas CO2 di dalam paru-paru akan dilepaskan dan diganti dengan O2 yang kemudian dibawa menuju jantung.
2). Arteri
Pembuluh arteri merupakan cabang dari aorta.
3). Arteriola
Pembuluh ini merupakan cabang arteri yang berhubungan langsung dengan kapiler. Pada kapiler ini akan terjadi pertukaran gas, kemudian dari kapiler ini darah akan kembali ke jantung melalui venula dan dibawa ke pembuluh balik (vena).
b. Pembuluh Balik / Vena
Pembuluh balik disebut juga vena, yaitu pembuluh yang mengangkut darah dari seluruh tubuh ke jantung. Masuknya darah ke ruangan serambi kanan dari jantung. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga.
1). Vena Cava
Pembuluh ini mengangkut darah dari bagian atas (kepala) yang disebut vena cava superior dan dari bagian bawah, misalnya kaki, ginjal, hati, dan lain-lain yang disebut vena cava inferior.
2). Vena
Contoh pembuluh vena, yaitu vena pulmonalis. Pembuluh ini mengangkut darah yang kaya O2 dari paru-paru menuju ke serambi kiri.
3). Venula
Pembuluh venula merupakan pembuluh balik yang langsung berhubungan dengan kapiler. Pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena) sama-sama mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengalirkan darah ke jantung dan dari jantung. Namun di antara keduanya memiliki perbedaan

Komentar

  1. Hi there very cool site!! Guy .. Beautiful ..
    Wonderful .. I'll bookmark your blog and take the feeds also?
    I am happy to search out numerous helpful information here within the put up, we'd like develop more strategies on this regard,
    thanks for sharing. . . . . .

    BalasHapus
  2. This blog was... how do you say it? Relevant!! Finally
    I've found something that helped me. Thanks a lot!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer