Macam-Macam Mutasi

Macam-Macam Mutasi
Mutasi juga dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya seperti berikut.

1. BERDASARKAN TEMPAT TERJADINYA
Macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya terdiri atas:
a. mutasi sumatik
Mutasi ini terjadi pada sel-sel tubuh dan dampaknya hanya dirasakan pada individu tersebut dan tidak diturunkan. Faktor-faktor yang menyebabkan mutasi somatik, antara lain sinar radioaktif, sinar ultraviolet, dan obat-obatan atau zat-zat yang bersifat mutagenik. Ketika seorang ibu mengandung janinnya, kemudian minum obat yang bersifat mutagenik atau terkena sinar radioaktif maka hal ini dapat berpengaruh terhadap janinnya, yang akan menyebabkan cacat bawaan ketika lahir. Mutasi seperti ini dapat terjadi pada zigot maupun embrio. Apabila terjadinya mutasi pada saat berupa zigot dampaknya akan lebih besar dibandingkan dengan pada saat berupa embrio.
Pada sel-sel dewasa mutasi juga dapat terjadi di antaranya disebabkan oleh sinar ultraviolet dan zat-zat tertentu yang bersifat mutagenik. Dampak dari mutasi yang sering ditemukan pada orang dewasa adalah terjadinya sel-sel kanker, yaitu suatu keadaan sel-sel tubuh yang membelah lebih cepat dan tidak terkontrol sehingga dapat mengganggu fungsi jaringan tubuh lainnya. Sinar ultraviolet dapat mengakibatkan kanker kulit. Zat-zat aditif, misalnya pewarna, perasa dan pengawet buatan yang berada pada makanan dalam jumlah tertentu juga dapat berpengaruh terhadap terbentuknya sel-sel kanker.
b. mutasi germinal
Mutasi ini terjadi pada sel-sel gamet dan memiliki sifat dapat diwariskan. Mutasi germinal dapat dialami oleh gen-gen yang terdapat pada kromosom autosomal yang disebut dengan mutasi autosomal. Hasil mutasi autosomal dapat berupa mutasi dominan atau mutasi resesif. Mutasi germinal juga dapat terjadi pada kromosom kelamin yang disebut dengan mutasi tertaut kelamin.

2.BERDASARKAN SIFAT GENETIKNYA
Macam-macam mutasi berdasarkan sifat genetiknya terdiri atas:
a. mutasi domain
Mutasi ini memperlihatkan pengaruhnya pada kondisi heterozigot.
b. mutasi resesif
Mutasi ini terjadi pada organisme diploid (misalnya manusia) dan tidak diketahui dalam keadaan heterozigot, kecuali resesif pautan seks

3. BERDASARKAN SUMBERNYA
a. mutasi alam
Mutasi alam adalah mutasi yang terjadi dengan sendirinya atau penyebabnya tidak diketahui secara pasti sehingga mutasi ini terjadi secara spontan. Mutasi alam ini diduga disebabkan oleh sinar kosmis (proton, positron, photon), sinar radioaktif (uranium), sinar ultraviolet, dan radiasi ionisasi internal, yaitu bahan radioaktif dalam suatu jaringan tubuh yang berpindah masuk ke jaringan lainnya.
Mutasi alami ini dampaknya dapat terjadi pada kehidupan baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, antara lain seperti berikut.
1) Anemia sel sabit (anemia sickle sel)
Pada penyakit ini terlihat bahwa homozigot-homozigot resesif mengandung sel-sel darah abnormal yang pada kondisi tertentu misalnya tekanan oksigen rendah maka sel darah ini akan kehilangan bentuknya yang normal dan berubah menjadi bentuk sabit.
2) Kaki pendek pada domba Ancon
Penemuan domba ini dilaporkan oleh Seth Wright. Peristiwa ini bersifat menurun.
3) Albinisme
Albinisme merupakan suatu kondisi pada tubuh seseorang yang kekurangan pigmen kulit, sehingga kulit menjadi lebih terang.
4) Hidrosefalus
Kelainan ini merupakan pembesaran kepala karena menumpuknya cairan di bagian kepala.
5) Diabetes melitus (kencing manis)
6) Warna pada mata Drosophilla melanogaster
7) Warna pada biji jagung dan kacang ercis
Apabila diamati, sifat-sifat yang diwariskan oleh mutan alam ini umumnya bersifat resesif dan merugikan bagi mutan sendiri atau keturunannya. Biasanya mutan tidak dapat bertahan hidup, tetapi jika ada yang hidup, hal itu disebabkan mutan dapat beradaptasi dengan lingkungannya kemudian menjadi varietas baru.
b. mutasi buatan
Mutasi buatan adalah mutasi yang terjadi akibat campur tangan manusia. Mutasi buatan ini memang sengaja dibuat oleh manusia untuk suatu kepentingan tertentu dan diambil manfaatnya. Mutasi buatan ini merupakan awal dari lahirnya rekayasa genetika dalam bidang bioteknologi. Mutasi buatan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pemakaian bahan radioaktif untuk memperoleh bibit unggul, penggunaan radiasi peng-ion, pemakaian bahan kolkisin, dan penggunaan sinar X.
Peristiwa mutasi buatan ini dapat ditemui pada kehidupan sehari-hari, misalnya:
1) penemuan padi Atomita I dan Atomita II;
2) tanaman gandum dapat berbunga dan berbuah lebih cepat;
3) teknik jantan Mendel dalam metode pemberantasan hama;
4) warna warni pada bunga rose antara lain kuning, ungu, oranye, dan lain-lain;
5) dihasilkannya buah semangka dan tomat tanpa biji.

Komentar

Postingan Populer