The Center of All Knowledge

Selasa, 09 Februari 2010

Karakteristik Dan Kelebihan OpenOffice.Org

Karakteristik Dan Kelebihan OpenOffice.Org
OpenOffice.org mempunyai karakteristik dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan
program aplikasi pengolah kata lainnya.
Berikut ini beberapa karakteristik dan kelebihan OpenOffice.org. :
1. Murah, jelas OpenOffice.org jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan perangkat lunak berbayar karena OpenOffice.org berlisensi General Public License (GPL) sehingga pemakai tidak perlu membayar lisensi. Biaya yang perlu Anda keluarkan hanyalah biaya untuk mendownload melalui Internet atau biaya mengkopi CD.
2. Biasanya, aplikasi OpenOffice.org sudah disertakan dalam distro Linux, sehingga Anda hanya perlu untuk membeli CD Linux saja.
3. Bebas, menggunakan OpenOffice.org adalah sebuah pilihan bijak karena aplikasi ini bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsof Windows, tersedia pula paket program OpenOffice.org versi Windows. Sudah, dalam OpenOffice.org Anda dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang dibuat dengan program Microsoft Office. Hampir semua format dokumen Microsoft Office dapat dibaca menggunakan OpenOffice.org.
4. Bersahabat, peralihan dari OpenOffice.org rilis lama ke rilis terbaru jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya yang berbayar. Pada beberapa aplikasi pengolah kata lain, file yang dibuat dengan rilis lama kadang sukar dibuka di rilis terbaru.
5. Stabil, program OpenOffice.org boleh dibilang lebih stabil karena format dokumen yang ditulis dengan OpenOffice.org sulit untuk diserang oleh virus. Sangat jarang ditemui program yang mengalami crash.
6. Mendukung Java, aplikasi-aplikasi dalam program OpenOffice.org sangat kompatibel dengan arsitektur Java yang paling banyak dipergunakan untuk mendesain web saat ini.

Karakteristik OpenOffice.org Writer
OpenOffice.org Writer adalah salah satu program dari paket OpenOffice.org yang andal dan memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan yang membuat banyak orang menggunakan OpenOffice.org Writer adalah:
1. Free software, aplikasi gratis yang dapat diperoleh dengan mendownload dari Internet, dan bebas digunakan tanpa harus membayar lisensi.
2. Format dokumen yang digunakan adalah OpenDocument Format Text Document (.ODT) yang mampu membuka dokumen lain dari aplikasi AbiWord dan StarWriter.
3. File yang dihasilkan tidak rentan dengan virus, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk terserang virus.
4. Dapat digunakan untuk membuka file yang dibuat dengan pengolah kata Microsoft Word.
5. Tersedia format penyimpanan yang kompatibel dengan pengolah kata Microsoft Word, sehingga hasilnya dapat dibuka menggunakan Microsoft Word.
6. OpenOffice.org Writer tersedia untuk berbagai platform sistem operasi, seperti Linux dan Windows.
7. Tersedia versi portabel untuk Windows, sehingga dapat langsung dijalankan tanpa perlu diinstall ke dalam harddisk.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya

.
.
.
The Center Of All Knowledge © 2008 Template by:
SkinCorner