The Center of All Knowledge

Jumat, 26 Februari 2010

Satelit




Satelit merupakan pengiring planet. Satelit beredar mengelilingi planet dan bersama-sama beredar mengelilingi matahari. Peredaran satelit mengelilingi planet disebut dengan gerak revolusi satelit. Satelit juga berotasi yaitu beredar mengelilingi sumbunya sendiri. Pada umumnya arah rotasi dan revolusi satelit sama dengan arah rotasi dan revolusi planetnya yaitu dari barat ke timur kecuali satelit planet Neptunus. Planet yang telah diketahui tidak mempunyai satelit adalah Merkurius dan Venus.
Bulan merupakan satu-satunya satelit dari planet bumi. Waktu rotasi bulan adalah satu hari, sedangkan waktu revolusinya satu bulan. Waktu rotasi bulan yang sama dengan waktu rotasi bumi, mengakibatkan permukaan bulan menghadap ke bumi selalu tetap. Jarak antara bumi dan bulan kurang lebih 384.403 km dan merupakan benda langit yang paling dekat dengan bumi.
Jika dibandingkan dengan bumi, bulan mempunyai ukuran sebagai berikut.
1) massa bulan 1/10 massa bumi,
2) diameter bulan 1/4 diameter bumi yatu 3000 km, dan
3) gravitasi bulan 1/6 gravitasi bumi. Permukaan bulan penuh dengan kawah-kawah dan gunung-gunung. Bagian bulan yang gelap halus dan datar disebut lembah maris. Di permukaan bulan tidak terdapat udara, sehingga mengakibatkan:
1) suhu berubah sangat cepat, suhu tertinggi 1100 °C dan suhu terendah -1730 °C,
2) bunyi tidak dapat merambat,
3) langit tampak kelam, dan
4) tidak ada peredaran air.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya

.
.
.
The Center Of All Knowledge © 2008 Template by:
SkinCorner