The Center of All Knowledge

Jumat, 26 Februari 2010

Peredaran Planet

Peredaran Planet
Dalam sistem tata surya planet-planet berputar mengelilingi matahari dengan peredaran yang teratur. Beberapa pandangan para ahli tentang peredaran planet dinyatakan dengan teori sebagai berikut.
a. Hukum Kepler
Kepler adalah penganut Copernicus, dia berusaha mencari bukti-bukti atas kebenaran anggapan teori Heliosentris, dan menyatakan teorinya sebagai berikut.
1) Hukum Kepler I
Hukum Kepler I : Lintasan tiap-tiap planet berupa elips dengan matahari di salah satu titik apinya.
2) Hukum Kepler II
Hukum Kepler II : Planet-planet bergerak sepanjang lintasannya dengan kecepatan sedemikian, sehingga dalam waktu-waktu yang sama garis-garis sinar matahari dan planet membentuk petak-petak yang sama luasnya.
3) Hukum kepler III (Hukum Harmoni)
Hukum Kepler III : Pangkat dua waktu peredaran tiap-tiap planet dalam mengelilingi matahari berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata- rata planet dan matahari.
b. Hukum Titius-Bode
Cara lain untuk menentukan jarak antara planet dan matahari dengan menggunakan hukum Titius-Bode (1766) yang berbunyi : Jarak antara planet-planet dan matahari merupakan deret ukur : 0, 3, 6, 12, 24, 48 dan seterusnya (dengan mengecualikan suku pertama) dengan perbandingan dua, dan kemudian tiap-tiap suku ditambah dengan 4.
Sebagai satuan ukuran diambil 0,1 s.a.
1 s.a. = 1 satuan astronomi = jarak matahari – bumi = 149,5 juta km

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya

.
.
.
The Center Of All Knowledge © 2008 Template by:
SkinCorner